Petenis Muda Rusia Berjuang Melawan Kanker ~ Berita Olah Raga dan Sports Terkini
Home » » Petenis Muda Rusia Berjuang Melawan Kanker

Petenis Muda Rusia Berjuang Melawan Kanker

VIVAnews - Alisa Kleybanova lama tak terlihat aksinya di lapangan. Petenis muda asal Rusia itu rupanya harus berjuang melawan penyakit kanker, yang dideritanya dalam setahun terakhir.

Pada akhir Mei 2011, Kleybanova batal tampil di turnamen grand slam French Open karena mengalami kelelahan dan flu yang tak kunjung sembuh. Dua bulan kemudian, petenis kelahiran Moskow itu didiagnosa mengidap Hodgkins Lymphoma, atau jenis kanker sel darah putih, stadium dua.

“Tahun lalu di Roma, saya benar-benar merasakan sakit dan tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Anda mungkin tidak pernah berpikir macam-macam dan selalu ingin berusaha,” ujar Kleybanova seperti dikutip dari Reuters, Selasa 20 Maret 2012.

“Kemudian saya pergi ke Paris. Waktu itu, saya berharap masih bisa tampil di French Open, tapi keadaan tidak lebih baik. Di satu sisi, berita itu sangat mengejutkan. Tapi di sisi lain, saya tahu bahwa ada alasan apa kesalahan saya selama ini,” tuturnya.

Sejak itu, Kleybanova absen di berbagai turnamen dan harus menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Italia. Dara kelahiran 22 tahun silam itu berjuang keras melawan penyakitnya, bahkan menurutnya, lebih dari sekadar bertarung di lapangan.

Demi kesembuhan dan kembali prima mengayun raket, Kleybanova tak pernah membantah apa yang diperintahkan dokter. Desember 2011 lalu, petenis berpostur 181 cm itu akhirnya diperbolehkan meninggalkan ruang perawatan.

“Saya merasa itu seperti pertarungan besar dan sangat memakan waktu. Saya harus benar-benar fokus untuk mengalahkannya. Anda merasa sangat buruk, tapi yang terpenting, saya harus bisa bertahan,” imbuhnya.

“Karena awalnya, Anda mungkin merasa baik, tapi kemudian malah menjadi lebih buruk. Yang jelas, saya mengkuti apa pun yang dikatakan dokter. Dan saya selalu memahami perkembangan kondisi tubuh. Mungkin itu alasan kenapa saya bisa pulih lebih cepat.”

Kembali ke Turnamen

Dari hari ke hari, Kleybanova semakin merasakan kemajuan kebugaran tubuhnya. Ia pun sudah menjalani latihan di Florida, Amerika Serikat, dan siap berlaga di turnamen WTA Miami.

Setelah melewati berbagai turnamen, praktis Kleybanova tidak mendulang poin dan harus terdepak dari rangking 20 dunia. Sehingga saat ini, ia terlempar ke peringkat 89. Meski demikian, ia hanya bertekad menampilkan performa terbaiknya.

“Saya tidak ingin memikirkan tentang rangking. Saya hanya ingin berlaga di lapangan dan merasa baik. Saya ingin tampil apa adanya. Saya punya motivasi besar untuk fit 100 persen, setiap hari dalam hidup saya,” Kleybanova menegaskan.

Di laga putaran 1 WTA Miami, Selasa 20 Maret 2012, petenis yang mendapat fasilitas wild card itu akan menghadapi rival asal Swedia, Johanna Larsson. (umi)

 



• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts